Fakta Unik Tentang Kopi Yang Jarang Orang Ketahui

 


IndepthNTB- Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari orang di penjuru dunia tak terkecuali di Indonesia. Memiliki aroma dan cita rasa yang khas dan luar biasa membuat kopi digemari oleh banyak orang. Bahkan bagi sebagian orang menyeduh secangkir kopi sebelum memulai aktivitas merupakan hal wajib.

Bagi penggemar kopi, minum secangkir kopi di pagi hari memberikan energi dan semangat untuk menjalani aktivitas. meskipun memiliki manfaat untuk kesehatan tetapi kopi juga memiliki efek samping yang merugikan bagi kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber: Berikut fakta untik tentang kopi yang jarang orang ketahui.

Kopi Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kopi memliki kandungan antioksidan dan nutrisi bermanfaat seperti riboflavin, magnesium, dan potasium yang cukup tinggi. Menurut penelitian kopi memiliki manfaat kesehatan termasuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, meningkatkan potensi pembakaran lemak, serta meningkatkan tingkat energi. Selain itu kopi juga dapat menurunkan risiko diabetes, penyakit alzheimer, dan jenis kanker tertentu.

Kualitas Kopi Kualitas Buruk Berbahaya untuk Kesehatan

Biji kopi juga bisa mengandung mikotoksin, yaitu senyawa yang dihasilkan dari pertumbuhan jamur. Mikotoksin ini dapat menyebabkan kanker dan penyakit ginjal. Penelitian telah menunjukkan sebagian besar biji kopi yang ditanam untuk dijual terkontaminasi jamur (mikotoksin). Sehingga, untuk mengetahui bahaya kesehatan ini, hindari biji kopi yang terlihat mengkilat karena biji kopi tersebut berminyak yang menunjukkan telah kedaluwarsa.

Kopi Dapat Menyebabkan Overdosis

Overdosis kafein yang membahayakan jiwa memang jarang terjadi, tapi hal tersebut mungkin saja terjadi. FDA menyarankan untuk mengonsumsi maksimal 400 miligram kafein per hari yang diperkirakan setara dengan 4 cangkir kopi.

Bila anda mengonsumsi lebih banyak dapat menyebabkan migrain, peningkatan denyut jantung, tremor otot, dan mual. Bahkan, Anda dapat merasakan efek samping yang lebih serius seperti kejang dan halusinasi. Kemungkinan hal itu akan terjadi bila Anda mengkonsumsi 1.200 kafein atau lebih. 

Kandungan Kafein pada Espresso Rendah

Bagi sebagian orang mungkin mengira bahwa kandungan kafein pada espresso lebih tinggi. Nyatanya, kafein pada brewed coffee lebih tinggi karena espresso membuat orang lebih konsentrasi.

Namun dilansir dari the Dailymeal, menurut USDA, hanya ada 64 miligram kafein dalam 1 dalam 1 penyajian kopi espresso. Pada umumnya kopi memiliki 95 miligram kafein dalam 1 penyajian.

Brasil Produsen Kopi Terbesar di Dunia

Negara Brasil bertanggung jawab atas sepertiga dari produksi kopi di dunia. pada tahun 2018 Brasil memproduksi sekitar 60 kilogram kantong kopi sebanyak 69 juta. Kemudian, Vietnam berada di urutan kedua yang memproduksi 60 kilogram kantong kopi sebanyak 29 juta. (Sumber).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama