Kenali, Ini Gejala Penyakit Diabetes


IndepthNTB_ Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Sementara glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik menjadi energi, dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderitanya.

 

Untuk itu, karena penyakit ini sangat berbahaya, ada baiknya kita mengetahui gejala diabetes lebih awal, agar dapat mengatasinya dengan baik sebelum menjadi kronis.

 

Dikutip dari laman Alodokter, diabetes dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu atau beberapa hari. Berdasarkan dari kasus yang pernah terjadi, banyak penderita yang tidak menyadari bahwa dirinya menderita diabetes selama bertahun-tahun karena gejalanya tidak spesifik. berikut ini gejala diabetes:

1. Sering buang air kecil Terutama di Malam Hari

Karena sel di tubuh tidak dapat menyerap glukosa dengan maksimal, maka ginjal mencoba mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin. Akibatnya, penderita jadi lebih sering kencing daripada orang normal dan mengeluarkan lebih dari 5 liter air kecil sehari.

2. Sering merasa haus

Karena sering buang air kecil, maka berdampak pada terus merasa haus dan membutuhkan banyak air. Rasa haus ini mengisi kembali cairan yang hilang tersebut. Cara ini juga merupakan cara tubuh untuk mengelola gula darah yang tinggi dalam tubuh.

3. Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas

Turunnya berat badan tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, karena diakibatkan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Hal ini karena hormon insulin tidak mendapatkan glukosa untuk sel yang digunakan sebagai energi. Karena itulah tubuh memecah protein dari otot sebagai sumber alternatif bahan bakar.

4. Sering merasa sangat lapar

Sering merasa sangat lapar padahal sebelumnya sudah makan banyak, merupakan salah satu gejala diabetes. Ketika kadar gula menurun, tubuh akan mengira belum diberi makan dan menginginkan glukosa sebagai kebutuhan sel.

5. Luka yang sulit sembuh.

Ketika menderita luka kecil, seperti luka lecet namun sulit sembuh dan justru semaki mebesar juga merupakan salah satu gejala penyakit diabetes

6. Sering infeksi

Salah satu gejala diabetes lainnya yaitu sering terinfeksi sepert Kulit gatal, Misalnya kulit jadi gelap di daerah leher atau ketiak. Selain itu sering terjadi infeksi pada gusi, vagiana atau saluran kemih.

7. Mudah lelah

Ketika seseorang memiliki kadar gula yang tinggi, seseorang akan akan merasa tak enak badan. Bahkan hanya untuk pergi ke kamar mandi pun membuat orang-orang ini kelelahan.

8. Kesemutan atau mati rasa

Sering kesemutan dan mati rasa di tangan dan kaki dengan rasa seperti terbakan adalah tanda bahwa saraf sedang dirusak oleh diabetes. Jika dibiarkan terlalu lama, kerusakan saraf bisa menjadi permanen.

 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama