Pemkab Lotim Fasilitasi Produk Lokal Jajan Geres Masuk Ritel Modern

Sekretaris Daerah Lombok Timur Drs. H. Muhammad Juaini Taofik M.AP menggelar rapat, memfasilitasi UMKM Jeger agar produk jajan jeger bisa dijual di ritel modern 



IndepthNTB_ Lombok Timur – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur fasilitasi produk  Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) Jeger (Jajan Geres) yang berada di  Kelurahan Geres, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur dijual diseluruh ritel modern.

Jajan Jeger khas masyarakat Kelurahan Geres  tersebut terbuat dari bahan baku utama singkong. Produk UMKM ini, merupakan binaan  dari  Pena  Energy melalui dana CSR serta Fakultas Teknologi Pangan, Universitas Mataram (UNRAM).

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur Drs. H. Muhammad Juaini Taofik M.AP mendukung penuh kemajuan UMKM lokal sebagai motor penggerak perekonomian masyarakat.  Salah satunya UMKM Jeger yang ada di Kelurahan Geres. Diharapkan melalui kerjasama Pena Energy, Fakultas Teknologi Pangan Universitas Mataram, produk UMKM semakin dikenal dan bisa dijual di ritel modern.

“Alhamdulillah dari rapat bersama menghadirkan Pena  Energy, Fakultas Teknologi Pangan Universitas Mataram, penggiat usaha Jeger yang difasilitasi Pemkab Lombok Timur terdapat titik terang keberlanjutan Jeger masuk ke ritel modern yang diawali di Alfamart dan Indomart,” ungkap Sekda usai rapat bersama di ruang kerjanya. Jumat (10/9/2021).

Dijelaskan Taopik, memasukkan produk ke Ritel Modern tidak sesederhana yang dibayangkan, karena  hasil produksi harus berkesinambungan yaitu harus mampu memenuhi permintaan ritel tersebut. Sehingga dalam persoalan ini, dibutuhkan validasi dan aktivasi dalam produk Jeger.

Langkah membangkitkan UMKM  masuk pada ritel modern ini juga untuk mendukung program Pemprov NTB  Bela Beli Produk Lokal.  Bahkan ditargetkan Jeger  dapat dilaunching pada 17 Desember mendatang  bersamaan dengan HUT NTB Lombok Timur.

“ Saya optimis dengan terdapat pembagian kerja diawali  satu produk lokal Lotim akan   diterima di ritel modern dengan semua persyaratan dipenuhi. Saat ini perizinan sudah dilengkapi tinggal sertifikasi halal dalam waktu dekat juga akan dikantongi sehingga produk Jeger dapat bersaing dengan produk nasional lainnya dengan kualifikasi standar nasional,”pungkasnya. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama