Sebagai Garda Terdepan, ASN Harus Mengutamakan Pelayanan Masyarakat

Foto : Sekda Lombok Timur M. Juaini Taopik saat memberikan piagam kepada salah satu calon PNS


Lombok Timur- Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan pegawai pemerintah yang menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan disetiap instansi pemerintahan. Untuk itu ASN dalam memberikan pelayanan diharapan lebih mengutamakan masyarakat.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Lombok Timur, M. Juaini Taofik saat menjadi pembina pada Upacara Penutupan Pelatihan Dasar Calon Pengawai Negeri Sipil Kabupaten Lombok Timur Tahun 2021, Selasa(28/9/21).

Dalam amanatnya Taopik memuji semangat 230 orang peserta CPNS tahun ini yang lulus dengan predikat memuaskan dan sangat memuaskan. Untuk itu ia mengingatkan peran ASN sebagai garda terdepan dalam pelayan publik.

“ASN diharapkan lebih mengutamakan masyarakat,” ungkapnya.

Dijelaskan Taopik, tantangan ASN akan jauh lebih berat saat berinteraksi dengan masyarakat, sebab masyarakat dicirikan sebagai pelanggan yang cepat bosan dan sering membandingkan antara pelayanan yang satu dengan yang lainnya. Untuk itu, ia berharap agar ASN memiliki standar orientasi pelayanan.

Disamping itu, dirinya juga menekankan pentingnya disiplin, integritas dan kerja sama dengan berbagai pihak, serta pentingnya loyalitas dan totalitas dalam pelaksanaan tugas

“Memilih menjadi ASN pasti punya konsekuensi, lebih kurangnya harus diterima,” imbuhnya.

Tidak jauh berbeda dengan Sekda, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi L. Hamdi berharap seluruh peserta yang sudah lolos seleksi tersebut agar dapat mengemban amanah, memiliki sifat rela berkorban, serta mencintai negara Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya ASN berahlak, atau ASN yang akuntble, kompeten, harmonis, loyal dan kolaboratif.

Ia berharap agar ASN mampu memobilisasi seluruh sumber daya manusia yang bukan hanya dari kalangan ASN saja, tetapi melibatkan semua pihak.

 “kalia harus mencintai profesi yang sudah dipilih untuk memberikan kontribusi kepada nusa dan bangsa” tutupnya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama