PKS Lotim Gelar Sekolah Tani, Edukasi Petani Manfaatkan Lahan Kering dan Pekarangan Rumah

Foto : Kegiatan Sekolah Tani digelar PKS, dibarengi launching penggunaan pupuk Dulang (Duren Gemilang)


Lombok Timur - Dalam upaya membantu pemerintah memberdayakan petani, Bidang Bina Tani dan Nelayan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lotim menggelar sekolah tani di Desa Lenek Duren Kecamatan Lenek LomboknTimur. Minggu (31/10/21). 

Puluhan petani yang ikut antusias mengikuti kegiatan sekolah tani ini. Melalui program sekolah tani ini, PKS mengajak petani inovatif dan kreatif dalam memanfaatkan lahan kering dan pekarangan rumah agar bisa menghasilkan uang. 

"Sekolah tani ini bertujuan untuk mendidik petani agar mampu menggarap lahan kering secara maksimal serta memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertani" Ungkap ketua BTN DPD PKS Lotim, Ismail. 

Dijelaskan Ismail, sekolah tani ini fokus kepada petani muda wanita tani yang konsen di bidang pertanian. Petani sebagai pahlawan pangan ini selama ini belum banyak perhatian. Pemerintah hanya spontan-spontan membantu petani. 

"Melalui bidang bina tani dan nelayan PKS berkomitmen untuk mendampingi petani sampai berdaya" Tegasnya. 

Ketua Majlis Pertimbangan Daerah (MPD) DPD PKS Lotim yang juga Staf Khusus Gubernur NTB, Mulyadi, mengatakan NTB, khususnya Lotim merupakan daerah agraris. PKS pun secara nasional telah menempatkan sektor pertanian sebagai prioritas pembangunan. 

Sektor pertanian diketahui merupakan penyumbang pertumbuhan ekonomi tertinggi. Sektor pertanian juga diketahui paling mampu survive di tengah situasi pandemi. Alasan itu, sehingga sektor pertanian ini harus menjadi atensi serius dari pemerintah.

Kegiatan pemberdayaan pemberdayaan pertanian sudah mulai dilakukan pemerintah. Hanya saja, perlu dimaksimalkan. Tidak saja dari pemerintah, partai politik seperti PKS turut hadir untuk membantu petani. 

"PKS turut terpanggil untuk bantu pertanian, kita dorong supaya pemerintah konsen pada pertanian," ucap Mulyadi. Dari dulu bahkan sampai ke depan pertanian akan jadi simpul kuat dalam ekonomi. Pemerintah harus maksimal bantu petani. Berikan ruang pada petani berkreasi. Tidak saja menyuruh petani tingkatkan produksi, namun juga harus ada solusi mengenai pasar pasca produksi. 

Kegiatan Sekolah Tani ini juga dibarengi dengan launching pupuk organik cair (POC) buatan kader-kader PKS di Lenek Duren. POC itu dinamai Dulang Tani. Aplikasi dari POC Dulang Tani ini diharapkan bisa mendulang produksi komoditi pertanian lebih tinggi dan meningkatkan kesejahteraan petani. (Red)  

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama