JHT BPJS Ketenagakerjaan Baru Bisa Dicairkan Diusia 56 Tahun


Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menetapkan pembayaran manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagaakerjaan hanya dapat dicairkan saat usia 56 tahun. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker)  Nomor 2 Tahun 2022, tentang tata cara dan persyaratan pembayaran manfaat jaminan hari tua.  Permenaker tersebut sekaligus mengganti Permenaker lama Nomor 19 Tahun 2015 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua.

Di kutip dari laman jdih.kemnaker.go.id, dalam aturan Permenaker tersebut, dijelaskan manfaat JHT dibayarkan kepada peserta jika mencapai usia pensiun, mengalami cacat total tetap, dan meninggal dunia.

Selain itu, manfaat JHT juga berlaku pada peserta yang berhenti bekerja seperti mengundurkan diri, terkena pemutusan hubungan kerja, dan peserta yang meninggalkan indonesia untuk selama-lamanya.

“Manfaat JHT bagi Peserta yang mencapai usia pensiun sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf a diberikan kepada Peserta pada saat mencapai usia 56 (lima puluh enam) tahun. Manfaat JHT bagi Peserta mengundurkan diri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2) huruf a dan Peserta terkena pemutusan hubungan kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2) huruf b diberikan pada saat Peserta mencapai usia 56 (lima puluh enam) tahun” Demikian Bunyi Pasal tiga dan lima Permen tersebut.

Sebagai informasi, pada aturan sebelumnya, Permenaker Nomor 19 Tahun 2015, manfaat JHT langsung diberikan kepada peserta yang mengundurkan diri dan dibayarkan secara tunai setelah melewati masa tunggu 1 bulan terhitung sejak tanggal surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan terkait. (Red)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama