Sidak PDAM, Komisi III DPRD Lotim Temukan Sejumlah Kejanggalan

 

Foto : Komisi III DPRD Lombok Timur memeriksa dokumen PDAM

Lombok Timur - Dalam rangka mengetahui sistem kerja dan penggunaan anggaran serta pendapatan oleh perusahaan milik daerah Komisi Tiga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur, Jumat, (04/02/22). 

Dalam Sidak tersebut, Komisi III DPRD Lotim Temukan Sejumlah kejanggalan yaitu terkait pengalokasian anggaran yang dikelola oleh PDAM , mulai dari pengalokasian gaji pegawai, pemeliharaan hingga sejumlah persoalan yang terjadi di PDAM Lotim. Selain itu dewan juga menyoroti biaya direksi, biaya listrik, biaya hubungan langganan hingga biaya operasional lainnya. 

Hal tersebut karena berdasar pada beban biaya di PDAM Lotim cukup besar dan rancu serta pendapatan dan dividen selaku salah satu BUMD di bawah Pemkab Lotim dinilai bocor. 

"Kita meminta supaya manajemen pengalokasian anggaran di PDAM Lotim perlu ditata kembali" Ungkap ketua Komisi III DPRD Lotim H. Lalu Hasan Rahman. 

Adapun temuan dalam sidak dewan ini berupa pendapatan PDAM Lotim sebesar, Rp 14 miliar, namun besaran biaya yang dikeluarkan sebesar, Rp 18 miliar. Begitupun dari sisi gaji sebesar dialokasikan sebesar, Rp 60 persen dari pendapatan.

Kejanggalan lain yang ditemukan yaitu berupa penyewaan lahan sumber mata air di Tetebatu sebesar, 600 juta rupiah dalam kurun waktu tiga tahun. Menurut mereka, biaya besar dengan rentan waktu cukup singkat ini akan menjadi persoalan dikemudian hari.

"Ini persoalan kalo dibiarkan bisa menjadi persoalan serius dikemudian hari, untuk itu kita minta PDAM memperbaiki manajemennya" Tegasnya. 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PDAM Lotim, Mudahan tidak menampik pendapatan yang cukup anjlok terjadi. Terutama pada masa Covid-19 kerugian sebelumnya, 6 miliar rupiah bertambah menjadi Rp 8 miliar rupiah. Terkait beban biaya ini, sulit untuk diganggu gugat karena sudah ada pos-pos anggaran peruntukkannya. Kendati demikian, pihaknya berjanji untuk terus meningkatkan kinerja serta memperbaiki kualitas pelayanan kepada pelanggan PDAM Lotim di tahun 2022 ini. 

"Kita akan berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja serta memperbaiki kualitas pelayanan kepada pelanggan" Imbuhnya. Red

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama