DPRD Lotim Sambut Baik Pengajuan Raperda PDAM Tirta Selaparang

Foto : Ketua DPRD Lotim Murnan dan Wakil Ketua DPRD Lotim Daeng Paelori memimpin sidang paripurna pengajuan Raperda PDAM dan Pencgahan Narkoba  


Lombok Timur – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur (Lotim) menyabut baik pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Selaparang yang diajukan oleh pemerintah Kabupaten Lotim.

Wakil Ketua DPRD Lotim Daeng Paelori mengatakan, persoalan air bersih yang ditangani PDAM menyangkut hajat hidup mayarakat Lotim, sehingga dibutuhkan perda untuk mengontrol manajemen dan kinerja PDAM yang selama ini dikenal buruk.

“Berbagai upaya sudah kita lakukan untuk memperbaiki PDAM ini, Suntikan modal sudah, penggantian Direksi juga sudah, namun tetap tidak ada perubahan” imbuhnya.

Dijelaskan Daeng, ada beberapa Raperda tentang perusahaan derah yang diajukan oleh pemerintah Lotim, namun Raperda PDAM ini yang disetujui untuk dibahas, karena persoalan air bersih ini merupakan persoalan hajat hidup orang banyak, sehingga ndianggap paling urgent dan strategis.

“Perda ini nantinya mengatur, bagaiamana PDAM mandiri mengeloal dirinya sendiri, dan tentunya kita punya wadah khusus sehingga masyarakat bisa mengontrol secara langsung kinerja dari PDAM” Tegasnya.

Lanjut Daeng, Perda ini juga diharapkan bisa mencegah penempatan orang yang tidak kompeten sebagai pengelola PDAM, terutama tempat menampung tim sukses.

Seperti diketahui, dalam Laporannya Wakil Bupati Lombok Timur Rumaksi SJ menyebut, Raperda PDAM ini ditujukan untuk menggali potensi dari usaha-usaha yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan daerah, yaitu mengelola perusahaan dengan prinsip ekonomi perusahaan melalui pendirian Badan Usaha Milik Daerah.

Keberadaannya diharapkan berperan menghasilkan barang dan/ atau jasa guna mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat.  Perusahaan ini nantinya diharapkan tidak hanya berorientasi keuntungan melainkan juga pelayanan kepada masyarakat serta mendukung peningkatan ekonomi masyarakat. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama