Harga Jagung Anjlok, Petani Dompu Gelar Aksi Unjuk Rasa


Dompu - Anjloknya harga jagung di Kabupaten Dompu saat ini membuat  masyarakat tani yang tergabung dalam Aliansi Serikat Tani (AST) Kabupaten Dompu melakukan aksi unjuk rasa d tengah jalan lintas Teka Sire tepatnya Desa Mada Prama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Kamis (19/05/22) sekitar pukul 08.30 Wita.

Dalam orasinya, petani jagung memprotes pihak pemerintah Daerah yang di nilai tidak mampu mengamankan harga jagung para petani sebagaimana yang telah di tetapkan oleh pemerintah. Dampaknya pengusaha dengan semena mena mempermainkan harga jagung di wilayah Kabupaten Dompu, sedangkan beberapa Minggu kemarin harga jagung sudah susuai standar pemerintah.

Menurut mereka, Keterpurukan harga dasar jagung yang sudah tidak sesuai dengan harga yang telah di tentukan oleh Pemerintah membuat nasib para petani jagung di jagad Kabupaten Dompu menderita dan sengsara lahir bhatin. 

Namun upaya dan solusi yang di lakukan oleh pemerintah Daerah yakni Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani tidak ada sama sekali bahkan masa bodoh terhadap persoalan yang di hadapi oleh para petani jagung saat ini. 

"Wahai Bupati Dompu yang memiliki jargon JARAPASAKA" mana janji janji Politik yang kau ucapkan dulu, untuk mensejahterakan masyarakat Dompu dan meningkatkan derajat hidup para petani, namun sampai saat ini tidak ada satupun yang bisa kau realisasikan" Teriak orator massa aksi. 

Adapun tuntutan petani jagung terhadap Bupati Dompu yaitu mengaktifkan kembali standar Harga dasar jagung sesuai ketetapan Pemerintah yang tidak boleh kurang dari Rp5000/Kg di tingkat gudang pengusaha. Kemudian evaluasi dan awasi alat timbang dan tester Kadar air di pergudangan pengusaha, memperbaiki harga obat obatan, pupuk subsidi dan bibit jagung serta yang paling pokok adalah terbitkan regulasi baik Perbup atau Perda Kabupaten Dompu tentang harga pembelian pemerintah ( HPP ) jagung dan gabah ke tingkat pengusaha atau gudang.

Di tempat yang sama, menanggapi tuntutan petani, wakil Bupati Dompu Syahrul Pharsan membenarkan semua tuntutan yang di sampaikan para petani, iapun berjanji menampung dan menindaklanjuti tuntutan petani sebagaimana yang di harapkan oleh para petani jagung. 

"Insyaallah semua yang di sampaikan ini akan saya tindak lanjuti dalam waktu dekat ini dan perlu di ketehui oleh masyarakat petani, mahasiswa dan penggiat petani Kabupaten Dompu, sejatinya tidak ada niat kami selaku Kepala Pemarintah Daerah Kabupaten Dompu untuk menutup mata atau mengabaikan nasib para petani jagung" Imbuhnya. 

Di akhir dialog dengan para petani jagung wakil Bupati Dompu menegaskan bahwa semua tuntutan para petani akan di Akomondir dan pemerintah Daerah akan melakukan intervensi terhadap pengusaha jagung di daerah ini sesuai kewenangan yang di tetapkan oleh peraturan dan Perundang- undangan yang berlaku guna meningkatkan derajat Kesejahteraan Para masyarakat petani pada umumnya khususnya petani jagung.

Usai mendengar tanggapan dan jawaban dari wakil Bupati Dompu kemudian masa aksi serta para petani jagung membubarkan diri dengan tertib dan situasi keamanan di lokasi unjuk rasa tetap kondusif serta arus lalulintas kembali normal dan lancar, Pungkasnya. (red) 
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama