Bupati Lotim Serahkan Bantuan Untuk Korban Puting Beliung

Foto : Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy menyerahkan bantuan kepada korban bencana alam puting beliung


Lombok Timur – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menyerahkan bantuan untuk korban bencana alam angin puting beliung yang menimpa warga desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Lotim, Senin (17/10/22).

Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Lotim H. M. Sukiman Azmy, berupa bantuan dana rehab rumah yang rusak akibat dihempas angin puting beliung.

Dalam bencana alam anging puting beliung tersebut, total jumlah rumah yang terdampak bencana sebanyak 169 unit yang terdiri dari Rusak Berat 14 Unit, rusak sedang 11 unit dan rusak ringan sebanyak 144 unit. Total bantuan dana rehab yang diberikan yaitu Rp. 514 juta dengan rincian rusak berat masing-masing  Rp. 15 juta perunit, rusak sedang Rp. 8 juta perunit, dan rusak ringan Rp. 1,5 juta perunit.

Rumah yang terdampak sudah melalui tim verifikasi yang dibentuk Pemda Lotim.

Bupati Lotim H. M. Sukiman Azmy berharap bantuan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Tidak ada musibah itu yang kita rencanakan, namun karena takdir Allah SWT maka mari kita terima dengan lapang dada dan ikhlas” ungkap orang nomor satu di Gumi Selaparang ini, saat menyerahkan bantuan dampak bencana puting beliung di Gedung Serbaguna Desa Tanjung Luar.

Lanjut Bupati, Pemda Lombok Timur telah berikhtiar dan berupaya melakukan pelayanan secara optimal untuk masyarakat yang terdampak bencana. Pemda akan memberikan bantuan tunai kepada terdampak bencana untuk digunakan memperbaiki rumah yang rusak. Ia juga meminta maaf kepada masyarakat terdampak bencana puting-beliung karena hanya bisa memberikan suplemen bantuan yang disesuaikan dengan kemampuan Pemda Lombok Timur.

“sesungguhnya di balik kesulitan itu ada kemudahan, Inna Ma'al Usri Yusro, dan tetaplah selalu bersyukur kepada Allah SWT.” Imbuhnya.

Bupati menguraikan dari hasil peninjauannya dengan Kalak BPBD Lombok Timur, di pesisir pantai yang terdampak bencana, Pemda akan membuat tanggul dan pemecah gelombang yang rencananya akan dimasukkan pada APBD tahun 2023. Hal tersebut menjadi atensi BPBD Lombok Timur pada tahun mendatang.

Bupati Sukiman juga menyampaikan masa kepemimpinannya dan Wakil Bupati H. Rumaksi Sj. yang akan berakhir September 2023 mendatang. Waktu yang ada akan dimanfaatkan pula menuntaskan masalah air minum di daerah Selatan seperti Jerowaru, Keruak, Sakra Timur, Sakra Barat, Sakra, melalui dana dari pemerintah pusat sebanyak Rp. 151 milyar.

Hadir pada kesempatan tersebut, kepala OPD lingkup Pemda Lombok Timur, Camat, Kepala Desa, dan masyarakat terdampak bencana puting beliung.(INTB)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama