Lotim Stop Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Warga Miskin Pemegang SKTM di Puskesmas

 

Foto : Warga antri mendapatkan pelayanan kesehatan


Lombok Timur – Warga miskin pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim ) dipastikan tidak akan lagi bisa mengakses secara gratis pelayanan kesehatan secara terus menerus di tingkat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Karena dalam persoalan ini, Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim belum memiliki regulasi yang jelas terkait dengan pelayanan kesehatan bagi pemegang SKTM tersebut, hanya saja saat ini Dikes Lotim memperbolehkan Puskesmas melayani warga pemegang SKTM satu kali pelayanan, selanjutnya warga tidak mampu akan diberikan edukasi untuk dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) dan Dinas Sosial untuk mendapatkan kartu BPJS.

Dari surat edaran yang telah dilayangkan oleh Dinas Kesehatan, terhadap masyarakat pemegang kartu SKTM ini hanya akan dapat dilayani selama satu kali berobat di tiap Puskesmas.

"Iya itu saya buat suratnya begitu, tujuannya supaya setelah dia dilayani mereka yang belum memiliki BPJS dapat berkoordinasi dengan Desa dan Dinas Sosial agar memiliki kartu BPJS" ungkap Kepala Dinas Kesehatan Lotim, Fathurahman, saat dikonfirmasi via telepon, Senin (30/01/2023).

Lanjut Fathurahman, pada prinsipnya Puskesmas tidak bisa menolak pasien, siapapun yang datang harus layani, termasuk warga miskin. Namun penggunaan SKTM ini hanya bisa digunakan dalam satu kali pelayanan dan selanjutnya diarahkan ke Desa dan Dinas sosial untuk mendapatkan kartu BPJS Peserta Bantuan Iuran (PBI).

“Kalau dia menggunakan SKTM sekali dia datang dan harus di edukasi koordinasi dengan Desa dan Dinas Sosial untuk memiliki kartu BPJS, meskipun untuk mendapatkan kartu BPJS PBI ini tidak dalam waktu singkat, paling tidak dia sudah berupaya untuk memiliki kartu, sehingga tidak harus terus-terusan menggunakan SKTM. Jika punya jaminankan lebih aman dan enak dia mendatkan pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (INTB)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama