Polemik Wacana Kenaikan Ongkos Naik Haji, Sukiman Minta Warga Lotim Tidak Menarik Dana Haji

Foto : Bupati Lombok Timur Sukiman Azmya memberikan sambuta pada acara Harlah Ponpes Al-Manan Bagek Nyaka

Lombok Timur – Kementrian Agama RI pada tahun 2023 ini, berencana menaikkan Ongkos Naik Haji (ONH) dari Rp. 39,8 juta menjadi Rp.69 Juta. Menanggapi rencana kenaikan biaya penyelenggaraan haji tersebut Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy meminta masyarakat Lombok Timur untuk tetap tenang dan tidak menarik dana haji yang telah disetorkan, seperti yang terjadi di berbagai daerah.

Terkait hal itu ia menjelaskan skema pembiayaan haji selama ini yang disubsidi pemerintah hingga 60 persen. Akan tetapi tahun ini Pemerintah berencana membalik skema tersebut untuk keberlanjutan dukungan subsidi penyelenggaraan ibadah haji.

“Usulan itu masih akan dibahas dengan DPR, kita percaya keputusan yang diambil adalah yang terbaik, kita berharap kenaikannya tidak terlalu besar, 50-50-lah” ungkap Sukiman Azmy  saat menghadiri peringatan Harlah 1 abad NU dan Haul ‘Am ke-27 Pondok Pesantren Al-Mannan Bagik Nyaka, Ahad (29/1/23). .

Mengingat daftar tunggu yang cukup panjang, menyusul pembatasan kuota saat pandemi, Bupati berharap tahun ini kuota kembali normal, yaitu sesuai proporsi jumlah penduduk.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB H. Zamroni Aziz yang juga hadir di tempat tersebut membenarkan penjelasan Bupati terkait biaya haji. Sementara itu menjawab harapan terhadap kuota haji, ia menyampaikan pihaknya belum menerima kuota jamaah haji NTB. Akan tetapi ia memastikan kuota kabupaten/ kota akan disesuaikan secara proporsional.

“Kita belum menerima kuota, tetapi kita memastikan kuota kabupaten/kota akan dibagi secara proporsional,”.(INTB)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama