Unik, Pertama Kali Di Sepakbola, Wasit Ini Keluarkan Kartu Putih

Foto : Wasit mengeluarkan kartu putih dalam laga women's cup Benfica vs Sporting Lisbon 


Internasional - Dalam laga pertandingan sepakbola,  hal lumrah ketika wasit mengeluarkan kartu merah atau kartu kuning untuk menghukum pemain yang  melakukan pelanggaran.

Namun menjadi hal tidak biasa ketika pengadil lapangan hijau ini mengeluarkan kartu putih. Karena hal tersebut tidak pernah dijumpai dalam pertandingan sepakbola dunia.

Momen wasit mengeluarkan kartu putih ini terjadi saat pertandingan women's cup di negara Portugal, yang mempertemukan Sporting Lisbon dan Benfica 22 Januari 2023 lalu. Wasit yang bertugas pada pertandingan tersebut untuk pertama kalinya mengeluarkan kartu putih.

Kartu putih ini digunakan untuk mengapresiasi sikap Sportifitas yang ditunjukkan selama pertandingan.

Dalam pertandingan Sporting Lisbon melawan Benfica, kartu putih ini diberikan kepada staf medis kedua tim yang dengan sigap memberikan pertolongan kepada penonton yang mengalami cedera.

Momen ini terjadi tepat sebelum babak pertama, saat itu Benfica telah unggul 3-0. Pada perpanjangan waktu seorang penonton tampak memerlukan bantuan medis.

Karena kesigapan tersebut,  penonton yang berada di Estadio da Luz Portugal memberikan applause untuk staf medis.

Kartu putih ini merupakan hal yang baru saja diterapkan oleh federasi sepak bola Portugal, Portuguese Football Federation (PFF). Tujuan penggunaan kartu ini adalah untuk menjunjung nilai sportifitas dan nilai etis dari semua perangkat pertandingan.

Penggunaan kartu putih ini masih sebatas di Federasi Sepakbola Portugal. Di liga lain seperti EPL, La Liga, Bundesliga, Ligue 1, dll masih belum ada rencana untuk penggunaan kartu putih ini.

Setelah peristiwa kartu putih ini, banyak diskusi muncul. Beberapa praktisi dan pengamat sepakbola mengkritisi penggunaan kartu putih, karena dinilai manfaatnya tidak terlalu signifikan bagi pemain ataupun tim. 

Kartu putih ini tidak memberi keuntungan riil bagi klub/pemain. Selain itu, beberapa juga menilai kartu putih ini juga dinilai buang-buang waktu.*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama