LLC NTB Siap Fasilitasi PMI Lombok Kerja Di Perhotelan dan Kapal Pesiar

Foto : Pose bersama Direktur LLC dengan Kadisnakertrans Lotim


Lombok Timur - Lombok Learning Center (LLC) Nusa Tenggara Barat (NTB) membuka Sekolah Perhotelan dan Kapal Pesiar di desa Gerung Permai kecamatan Suralaga Lombok Timur (Lotim). Sekolah ini, merupakan lembaga pelatihan keterampilan untuk siap kerja di bidang Perhotelan dan Kapal Pesiar.

Lembaga ini didirikan untuk memfasilitasi Calon  Lombok khususnya di Wilayah Lotim untuk bekerja di bidang pekerjaan yang lebih baik  dengan gaji dan pendapatan yang lebih besar jika dibandingkan menjadi Buruh Migran di Malaysia sebagai buruh sawit atau ke Arab Saudi menjadi Pembantu Rumah Tangga. 

Direktur Lombok Learning Center (LLC) Muhamamd Nuzur mengatakan, Lembaga LLC ini merupakan lembaga pelatihan yang memberikan skill khusus, dengan program pelatihan yaitu, perhotelan, fast track, bahasa Inggris, dan bahasa  Mandarin.

Diakui Nuzur, LLC bukan perusahaan jasa penyalur PMI, tetapi lembaga ini hanya sebagai tempat untuk memberikan pelatihan keterampilan. Tetapi siswa yang telah mendapatkan pelatihan, akan langsung dikirim bekerja pada perusahaan partner baik yang berada di dalam dan Luar negeri.

"Kita sudah bekerja sama secara langsung dengan perusahan yang bergerak di bidang perhotelan dan kapal pesiar di Asia, Eropa dan Amerika. Perusahaan ini, siap menempatkan mereka yang sudah belajar di LLC ," terangnya. 

Lanjut Muhammad Nuzur, Lembaga pelatihan ini sengaja dibuka di Pulau Lombok khususnya di Lotim karena wilayah Bumi Patuh Karya ini merupakan merupakan lumbung tenaga kerja luar negeri. 

Misinya ingin meningkatkan kesejahteraan Buruh Migran dengan menempatkan mereka kerja ditempat yang lebih baik dengan penghasilan atau pendapatan yang lebih besar jika dibandingkan kerja di negara Malaysia sebagai buruh sawit yang pekerjaannya jauh lebih berat dengan penghasilan kecil.

"Misi kita menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing global, yaitu melaksanakan pelatihan berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi secara berkesinambungan, dengan bentuk pelatihan sesuai tuntutan pasar kerja, dan peningkatan profesionalisme," ucap Nuzur.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lotim. Muhammad Khairi sangat mengapresiasi terbentuknya lembaga pelatihan skill LLC. Karena saat yang dibutuhkan oleh Pekerja Migran yaitu kemampuan atau skill. Untuk itu pihaknya siap untuk memfasilitasi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) khususnya yang telah memiliki sertifikat Skill. 

"Peningkatan skill terhadap CPMI saat ini sangat dibutuhkan karena jika memiliki skill bisa menghindari kasus kasus penipuan tenaga kerja," pungkasnya.(INTB)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama