Bupati Lombok Timur Dukung Peran PKK dalam Pemberdayaan Keluarga

Foto : Bupati Lotim memberikan santunan kepada anak tidak mampu


Lombok Timur, 1 Agustus 2023 - Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy, menghadiri resepsi peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 tingkat kabupaten. Dalam acara tersebut, Bupati menyatakan harapannya agar istilah "Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga" (PKK) tidak lagi diplesetkan menjadi "perempuan kesana-kemari." Meskipun Penggerak PKK seringkali harus bergerak aktif ke berbagai tempat untuk melaksanakan program, memberikan pendampingan, dan memberikan motivasi kepada masyarakat, Bupati menegaskan bahwa semua upaya tersebut merupakan contoh nyata yang langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat, dan tujuannya adalah positif.

Kehadiran Bupati disambut dengan suka cita oleh Tim Penggerak PKK, para kader, dan para undangan yang hadir dalam resepsi tersebut. Bupati berpendapat bahwa istilah yang lebih tepat untuk PKK adalah "perempuan yang bekerja ini-kerja itu" mengingat banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh PKK. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada PKK karena telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan di Lombok Timur, baik melalui tenaga, waktu, maupun materi.

Dalam sambutannya, Bupati Sukiman berharap agar PKK, yang merupakan gerakan yang tumbuh dari masyarakat, dapat terus berkembang baik dalam hal organisasi maupun program dan kegiatan. Dia juga menekankan pentingnya agar PKK tetap menjadi lembaga sosial kemasyarakatan yang independen, non-profit, dan tidak berafiliasi dengan partai politik tertentu, tetapi bekerja sama dan berkolaborasi dengan semua organisasi yang ada.

Ketua Umum PKK, Ny. Tito Karnavian, melalui perwakilan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Timur, Ny. Hartatik Sukiman, mengingatkan bahwa peringatan HKG PKK ke-51 bukan hanya seremoni rutin, tetapi memiliki makna yang mendalam. Peringatan ini diharapkan dapat menginspirasi semangat dan energi baru dalam setiap langkah dan gerakan Tim Penggerak PKK dan kader.

Tema HKG PKK ke-51, "Bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh mewujudkan Indonesia tumbuh," menekankan pentingnya kerja sama dan keterpaduan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan. Tim Penggerak PKK diharapkan dapat menjadi pelopor yang inspiratif dalam pemberdayaan keluarga dengan pendekatan partisipatif yang merupakan ciri khasnya dalam pembangunan.

Bupati juga mengingatkan tentang pentingnya konsistensi dalam mendukung kebijakan pemerintah dan menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Dia menekankan bahwa Tim Penggerak PKK memiliki peran strategis dalam pembangunan dan harus tetap berpegang pada semangat pengabdian sebagai relawan yang rendah hati namun memiliki rasa tanggung jawab yang besar.

Selama acara tersebut, selain peluncuran BUKU PKK Cantingmas Lotim, juga diberikan apresiasi kepada para kader PKK dan diselenggarakan pemberian hadiah bagi pemenang lomba program unggulan PKK. (INTB)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama