Pemkab Lotim Teken MOU Dengan BPJS Kesehatan dan Pegadean Area Ampenan

Foto : Pj Bupati Lotim bersama dengan Kacab BPJS Kesehatan Selong tanda tangani MOU

Lombok TimurPemerintah daerah kabupaten Lombok Timur menandatangani kerja sama dengan BPJS kesehatan Cabang Selong dan PT. Pegadaian (Persero) Area Ampenan pada Kamis (14/12/2023).

Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik pada kesempatan tersebut mengaku senang dengan kerja sama tersebut. Menurutnya kerja sama itu berpengaruh terhadap kemajuan daerah ini, “Semuanya sudah ter-cover dengan sistem pengendalian dan monitoring yang baik,” ungkapnya.

Ditegaskannya bahwa kerja sama tersebut adalah salah satu upaya pemerintah daerah melayani masyarakat. Ia menggarisbawahi konsekuensi dari kerja sama tersebut adalah siap untuk melaksanakan pelayanan dengan segera, “Jika ber-MoU di akhir tahun, maka kita harus siap melaksanakannya di awal tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut, Penjabat Bupati juga sampaikan setelah kabupaten Lombok Timur mencapai Universal Health Coverage (UHC), masyarakat sudah tidak perlu khawatir lagi. Kesehatan yang merupakan hak asasi manusia itu kini sudah menjadi milik semua warga Lombok Timur. Ia mengingatkan semua orang mempunyai hak yang sama memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau demi mewujudkan masyarakat yang semakin sehat.

Kepesertaan BPJS Kesehatan menurutnya juga menjadi perlindungan finansial bagi masyarakat saat mereka membutuhkan pelayanan kesehatan. Di lain sisi, Ia akui masih banyak tantangan yang harus dihadapi, sehingga dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi untuk menjawab tantangan tersebut.

Sementara terkait kerja sama dengan PT. Pegadaian diumpamakan sebagai pilar ke-tiga dalam rangka mewujudkan pembangunan ekonomi yang inklusif. Menurutnya kerja sama dengan pegadaian adalah cara menyiasati keterbatasan fiskal Pemerintah, “Selalu ada cara karena jaman sekarang kalau mau berkolaborasi tidak perlu modal besar,” katanya. Ia sebut kerjasama mereka ini sebagai pemicu untuk meningkatkan skala ekonomi masyarakat Lombok Timur.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong Gusti Ngurah Catur Wiguna mengapresaisi komitmen Pemda Lombok Timur dalam memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, di mana kesejahteraan mencakup pula pemenuhan akses kesehatan yang semakin baik, “Kesejahteraan tidak bisa lepas dari namanya kesehatan,” ujarnya. Ia berharap seluruh pelayanan kesehatan yang ada di daerah ini semakin meningkatkan kinerjanya demi masyarakat yang sejahtera.

Apresiasi juga disampaikan perwakilan PT. Pegadaian (Persero) Area Ampenan Junaidi. Ia berharap pihaknya dapat terus berkontribusi dalam program pembangunan di Lombok Tiimur.

Pj. Bupati Lombok Timur, pada kegiatan yang berlangsung di ruang kerjanya itu didampingi Asisten Perekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPKAD, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, serta Kepala Bagian Kerja Sama.  (INTB) 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama