Pemkab Lotim Gelar Apel Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28

Photo : Pemkab Lotim gelar apel otonomi daerah


Lombok Timur - Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur menggelar apel peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 di halaman Kantor Bupati. Acara ini mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat” dan dihadiri oleh pimpinan OPD, TNI, Polri, serta ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Penjabat Sekretaris Daerah, H. Hasni, bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Dalam amanatnya, Mendagri menyampaikan bahwa otonomi daerah dirancang untuk mencapai kesejahteraan dan demokrasi, sebagaimana diatur dalam UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Desentralisasi diharapkan dapat memberikan pelayanan publik yang efektif, efisien, dan ekonomis melalui berbagai inovasi, serta menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal.

Mendagri juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam penyusunan Perda mengenai APBD dan perencanaan pembangunan daerah untuk menumbuhkan komitmen, kepercayaan, toleransi, kerjasama, solidaritas, serta rasa memiliki yang tinggi dalam masyarakat.

Dalam konteks ekonomi hijau, kebijakan desentralisasi memberikan ruang bagi pemerintah daerah untuk mengelola sumber daya alam secara lebih efisien dan berkelanjutan, termasuk melalui transformasi produk unggulan dan implementasi teknologi hijau seperti penggunaan energi terbarukan. Diharapkan, kebijakan ini dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat, dan perekonomian secara keseluruhan.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama