Replikasi Sistem Produksi Pangan di Ponpes: Upaya Pengendalian Inflasi dan Peningkatan Kesejahteraan

 

Photo : Pj. Bupati Lotim saat memanen cabai


Lombok Timur - Penjabat Bupati Lombok Timur, H. Muhammad Juaini Taofik, menghadiri panen cabai bersama di Pondok Pesantren Tohir Yasin. Acara ini merupakan bagian dari program budidaya di greenhouse Infratani yang diterapkan di pesantren tersebut. Pj. Bupati mengapresiasi inovasi pertanian modern yang diterapkan di Ponpes, yang menghasilkan produk organik seperti cabai dan beras, komoditas yang sering mengalami gejolak harga.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati menyatakan optimisme bahwa Ponpes dapat mendukung ketersediaan pangan dan membantu mengendalikan inflasi. Ia berharap konsep pertanian modern ini dapat direplikasi di Ponpes lain di Lombok Timur dan bahkan di masyarakat luas. Selain itu, Pj. Bupati membuka kemungkinan kerja sama antara Pemda dan Ponpes untuk mengelola lahan Pemda yang terbengkalai agar hasilnya lebih optimal.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Berry Arifsyah Harahap, juga hadir dalam acara tersebut. Ia berharap inovasi yang dilakukan Ponpes dapat menyebar dan mendukung peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Bank Indonesia telah memberikan pendampingan dan kerja sama dengan tiga Ponpes di NTB, termasuk Tohir Yasin, melalui program integrated farming with technology information and society (infratani). Program ini bertujuan membangun dan mengembangkan ekosistem rantai nilai halal dari hulu ke hilir pada sektor pertanian terintegrasi.

Selain panen bersama, acara tersebut juga menandai penandatanganan naskah kerja sama antara Ponpes Tohir Yasin dengan UMKM binaan Bank Indonesia terkait hilirisasi produk yang dihasilkan

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama